Sabtu, 03 Januari 2009

Ruang Lingkup Ilmu Dakwah

Sebagai ilmu yang mempelajari proses penyampaian ajaran Islam kepada umat, ilmu dakwah memiliki ruang lingkup pembahasan yang sangat luas. Dakwah itu identik dengan pembangunan fisik dan non fisik, dengan menggunakan berbagai disiplin ilmu. Ilmu itu keseluruhannya termasuk bagian dari ilmu Allah yang mencakup wilayah yang amat luas. Ilmu Allah yang amat luas itu terdiri dari konsep-konsep yang apabila ditulis dengan tinta sebanyak air lautan dan pulpen sebanyak ranting-ranting pepohonan, ilmu Allah tersebut tidak akan selesai atau tidak akan habis ditulis. Oleh manusia ilmu tersebut diteliti, dikaji dan didistribusikan kepada berbagai lembaga-lembaga pendidikan, termasuk IAIN. IAIN memperoleh jatah seperti yang tertulis di dalam kurikulum atau silabinya, yang banyak berbeda dengan jatah lembaga pendidikan lain. Di IAIN jatah itu dibagi-bagi ke tiap-tiap fakultas, dan dibagi-bagi lagi ke tiap jurusan. Fakultas Dakwah mempunyai bidang kajian utama 'ilmu dakwah' yang membahas unsur-unsur yang terdapat di dalam bidang kajian tersebut. Dengan demikian kajian ilmu dakwah sangatlah luas.

Akan tetapi ruang lingkup pembahasan ilmu dakwah dapat diringkas sebagai berikut :

  1. Bentuk-bentuk penyampaian ajaran Islam dari seseorang atau kelompok kepada seseorang atau kelompok yang lain
  2. Cara-cara penyampaian ajaran Islam tersebut yang meliputi pendekatan, metode atau medianya,
  3. Efek atau pengaruh penyampaian ajaran Islam tersebut terhadap sikap dan tingkah laku individu dan masyarakat yang menerimanya.

    Obyek Studi Ilmu Dakwah

Suatu ilmu pengetahuan hanya dapat disebut ilmu pengetahuan apabila ia memenuhi persyaratan yang dituntut oleh ilmu pengetahuan secara umum. Persyaratan yang dituntut itu ialah setiap ilmu pengetahuan harus memiliki obyek material dan obyek formal.

Obyek material suatu ilmu adalah materi atau bidang atau lapangan penyelidikan ilmu bersangkutan, sedangkan obyek formalnya ialah bagaimana obyek material tersebut dipandang. Beberapa ilmu pengetahuan dapat memiliki obyek material yang sama, tetapi ilmu-ilmu itu berbeda karena obyek formalnya berbeda. Sebagai contoh, psikologi, sosiologi dan pedagogi memiliki obyek material yang sama yaitu manusia, namun ilmu-ilmu itu berbeda karena obyek formalnya berbeda. Obyek formal psikologi, yaitu aktivitas jiwa dan kepribadian manusia secara individual yang dipelajari lewat tingkah laku. Obyek formal sosiologi adalah hubungan antarmanusia dalam kelompok dan antarkelompok dalam masyarakat, sedangkan obyek formal pedagogi ialah kegiatan manusia untuk menuntun perkembangan manusia.

Obyek material ilmu dakwah adalah proses penyampaian ajaran kepada umat manusia atau bentuk penyampaian suatu message yang berupa ide, ideologi, ajaran agama dan sebagainya dari seseorang kepada seseorang dari satu kelompok kepada kelompok lainnya. Sedangkan obyek formalnya adalah proses penyampaian ajaran kepada umat manusia. Apabila rumusan ini dijabarkan lagi maka obyek formal dakwah dapat dirinci berikut ini:

  1. Proses penyampaian ajaran Islam kepada umat manusia
  2. Hubungan antara unsur-unsur dakwah
  3. Proses keagamaan pada diri manusia

Dari penyebutan di atas dapat diketahui bahwa secara struktural ilmu dakwah merupakan bagian dari ilmu publisistik. Meski demikian kekhususan ilmu dakwah dibanding dengan publisistik terletak pada bahan message yang berupa ajaran Islam. Di samping itu di dalam ilmu dakwah terdapat proses komunikasi antara manusia dengan Tuhan, yang mana hal ini tidak terdapat di dalam publisistik

Metode Ilmu Dakwah

Yang dimaksud metode ilmu dakwah adalah cara kerja untuk dapat memahami obyek studi ilmu dakwah.

Metode ilmu dakwah meliputi metode historis, deskriptif, korelasional, ekperimental, kuasi eksperimental, dan metode aksi.

Metode historis yaitu penyelidikan yang mengaplikasikan metode pemecahan yang ilmiah dari perspektif historis suatu masalah. Dalam penyelidikan historis dilakukan analisis terhadap sebab-sebab suatu hal seperti peristiwa-peristiwa tertentu, proses-proses dan lembaga-lembaga peradaban manusia masa silam. Tujuannya adalah merekonstruksi masa lalu secara obyektif dan sistematis dengan mengumpulkan bahan, menilai, melakukan verifikasi dan mensintesiskan bukti untuk menetapkan fakta-fakta atau data-data dan memperoleh kesimpulan yang kuat. Bentuk-bentuk sosial sekarang, kebiasaan-kebiasaan atau cara hidup kita mempunyai akar-akarnya di masa lalu. Karena itu sangatlah baik kalau dilakukan pelacakan melalui studi historis.

Dalam konteks ilmu dakwah, metode historis dapat digunakan untuk meneliti bentuk-bentuk dakwah pada zaman lampau misalnya pada zaman Nabi, khulafa' al-rashidin dsb; meneliti subyek dakwah, terbentuknya lembaga-lembaga keagamaan, melembaganya nilai-nilai atau norma-norma masyarakat dan lain-lain. Penggunaan metode ini juga sangat bermanfaat untuk mengkaji bagaimana kontinuitas dakwah dari masa ke masa beserta dinamika yang terjadi di dalamnya.

Metode deskriptif yaitu metode yang bertujuan melukiskan secara sistematis fakta-fakta dan sifat-sifat populasi tertentu atau bidang tertentu secara faktual dan cermat. Dalam konteks ilmu dakwah, metode ini berguna untuk menuturkan, menganalisis dan mengklasifikasi obyek dakwah beserta lembaga-lembaganya, keadaan norma-normanya, kepercayaannya dan sebagainya.

Metode korelasional adalah kelanjutan metode deskriptif. Metode ini bertujuan mencari hubungan/korelasi antara variabel satu dengan yang lain. Dalam konteks ilmu dakwah metode ini dapat digunakan –misalnya- menyelidiki taraf pengamalan beragama masyarakat, kemudian menghubungkan apakah ada korelasi antara usia, tingkat ekonomi dan sebagainya dengan tingkat pengamalan beragama tersebut.

Metode eksperimental bertujuan untuk memperoleh data yang kongkrit tentang pengaruh suatu keadaan terhadap keadaan yang lain. Metode penelitian ini memungkinkan peneliti dapat memanipulasi variabel dan meneliti akibat-akibatnya. Metode ini dapat digunakan untuk meneliti efektifitas metode dan media dakwah.

Metode penelitian aksi bertujuan mengembangkan ketrampilan baru atau cara pendekatan baru dan untuk memecahka masalah dengan penerapan langsung di dunia kerja atau dunia aktual yang lain.


 

1 komentar:

  1. Best Online Slots Games for US Players - DrMCD
    Top 성남 출장마사지 5 best online slots games to play for real money and low to mid range ✓ 대전광역 출장안마 Get the best online 상주 출장마사지 slots bonuses from 양산 출장샵 the best slot 안산 출장마사지 providers!

    BalasHapus